Terimakasih atas kunjungan anda, semoga bermanfaat

Monday, June 20, 2016

PPDB SD 2016


Yth. Bpk/Ibu Kepsek

Tahun Pelajaran 2016/2017 sudah mulai masuk penjaringan PPDB yang akan efektif di awal Tahun Pelajaran sekitar tanggal 17 Juli 2016.
Sebagai bahan referensi persiapan PPDB Tahun Pelajaran 2016/2017 sebaiknya pelajari file yang disertakan berikut ini agar kita terhindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan.

Dari beberapa referensi yang ditemukan (Peraturan PPDB SD 2016 belum ditemukan) pada prinsipnya PPDB di tingkat SD/MI sebagai berikut :
Seleksi Calon Peserta Didik SD/MI :
1. Seleksi calon peserta didik kelas I (satu) SD/MI dilakukan berdasarkan usia dan/atau kriteria lain yang ditetapkan oleh Kepala Sekolah/Madrasah setelah mendapat pertimbangan dari Komite Sekolah/Madrasah.
2. Seleksi sebagaimana dimaksud pada ayat (1), tidak berupa seleksi akademik dan tidak mensyaratkan telah mengikuti TK/RA.
Calon peserta didik kelas I SD/MI harus memenuhi ketentuan batas usia sebagai berikut:
a. telah berusia 7 (tujuh) tahun sampai dengan 12 (dua belas) tahun wajib diterima;
b. telah berusia 6 (enam) tahun dapat diterima sepanjang daya tampung memungkinkan;
c. telah berusia 5 (lima) tahun sampai dengan kurang dari 6 (enam) tahun, dapat dipertimbangkan atas rekomendasi tertulis dari psikolog profesional; dan
d. berusia kurang dari 5 (lima) tahun tidak dapat diterima.

Untuk persiapan, selain administrasi yang sudah rutin dan hal lainnya, berikut disertakan contoh Parents Handbook (Panduan untuk Orang Tua Siswa) yang disarikan dari beberapa sumber yakni SDI Al Azahar 9 Kemang Pratama Kota Bekasi, SD Ananda Kota Bekasi, SDI Al Azhar 30 Kota Bandung, SDI Ibnu Taimiyah Kota Bandung, SDI Al Alaq Kota Bekasi, SD GIKI Kota Bandung, dan beberapa sekolah swasta lainnya (terimakasih untuk semuanya).

Parents Handbook adalah panduan untuk orang tua siswa tentang visi, misi, tujuan, keadaan/profil, peraturan, kurikulum, eskul, target dan sasaran dan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan keberadaaan sekolah. (Silahkan disesuaikan dengan kondisi sekolah masing-masing).

Parents Handbook dibagikan kepada orang tua siswa di awal tahun ajaran untuk tiap kelas. Melalui Parents Handbook diharapkan orangtua siswa mengetahui dan memahami program sekolah dengan berbagai peluang dan tantangan yang ada, sehingga hal-hal yang tidak diinginkan bisa diminimalisir.

Selain contoh Parents Handbook, dilampirkan juga Permendikbud Nomor 018 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah, Pergub PPDB 2015 dan Perwal Kota Bandung PPDB 2016 sebagai bahan kajian (sambil nunggu Pergub PPDB 2016 dan Perkadisdik Jabar/Subang PPDB 2016), sebagai berikut :

Perkadisdik Jabar PPDB 2016 silahkan unduh di sini
Perkadisdik Subang PPDB 2016 silahkan unduh di sini

So, tidak usah gamang dan galau. Mari kita kerjakan tugas dan tanggung jawab kita sesuai dengan peraturan yang ada. Semoga mutu pendidikan anak-anak bangsa semakin meningkat, seiring meningkatnya mutu para pengajarnya. Semoga, aamiin.

Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment