SALINAN
LAMPIRAN
PERATURAN KEPALA BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
NOMOR 003/H/HK/2014
TENTANG KISI-KISI UJIAN SEKOLAH/MADRASAH
PADA SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH, SEKOLAH
DASAR LUAR BIASA, DAN
PENYELENGGARA PROGRAM PAKET A/ULA
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
A. KISI-KISI UJIAN SEKOLAH/MADRASAH (US/M)
SD/MI
1. BAHASA
INDONESIA SD/MI
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Membaca
Membaca berbagai teks nonsastra berupa teks sederhana, laporan,
pengumuman, petunjuk pemakaian, ringkasan, makna kata, dan rubrik khusus,
serta berbagai karya sastra berupa puisi, dongeng, cerita anak, dan drama
anak.
|
Disajikan teks bacaan 3 – 4 paragraf, siswa dapat:
• menjawab pertanyaan dengan kata tanya (apa, siapa, bagaimana, atau
mengapa)
• membuat kalimat tanya sesuai dengan isi salah satu paragraph
• menentukan ide pokok salah satu paragraf
• menentukan kalimat yang sesuai dengan salah satu paragraf.
|
Disajikan petunjuk penggunaan obat, siswa dapat menjelaskan
penggunaan obat sesuai dengan tingkatan umur.
|
||
Disajikan petunjuk penggunaan sebuah produk yang diacak, siswa dapat
mengurutkan dengan susunan yang tepat.
|
||
Disajikan rubrik khusus surat pembaca, siswa dapat menentukan kalimat
saran dengan tepat.
|
||
Disajikan cuplikan pengumuman, siswa dapat menentukan isinya.
|
||
Disajikan teks drama, siswa dapat:
• menentukan tokoh utama
• menentukan latar
• menentukan amanatnya.
|
||
Disajikan paragraf yang terdiri atas 4 kalimat, siswa dapat
menentukan kalimat utamanya.
|
||
Disajikan teks percakapan, siswa dapat menyimpulkan isinya.
|
||
Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat:
• menyusun pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf
• mengartikan salah satu kata sulit dalam kalimat.
• menentukan antonym salah satu kata yang terdap at di dalam paragraf.
|
||
Siswa dapat menentukan peribahasa sesuai dengan ilustrasi yang
disajikan.
|
||
Siswa dapat menentukan ungkapan sesuai dengan ilustrasi yang
disajikan.
|
||
Disajikan pantun, siswa dapat menentukan pesan yang terkandung di
dalamnya.
|
||
Disajikan dua teks, siswa dapat menentukan persamaannya
|
||
Disajikan jadwal perjalanan beberapa kendaraan berbagai jurusan, siswa
dapat:
• membuat pernyataan sesuai dengan isi j adwal
• menentukan kendaraan tertentu yang tepat sesuai dengan tujuan
|
||
|
|
Disajikan puisi, siswa dapat menentukan isi/maksud yang terkandung di
dalamnya.
|
Disajikan cuplikan cerita anak, siswa dapat menyimpulkan isinya.
|
||
Disajikan cuplikan laporan, siswa dapat:
• menentukan isinya
• memperbaiki kalimat yang salah strukturnya.
|
||
Disajikan percakapan dua atau tiga orang, siswa dapat menentukan
topiknya.
|
||
Disajikan teks satu paragraf, siswa dapat:
• menentukan ringkasannya
• menentukan temanya
• menentukan pesan yang terkandung di dalamnya.
|
||
Disajikan teks puisi pendek, siswa dapat:
• menentukan pernyataan sesuai dengan isi puisi
• menentukan makna kata pada puisi yang disajikan.
|
||
2.
|
Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk karangan
sederhana, petunjuk pemakaian, surat, pengumuman, dialog, formulir, teks
pidato, laporan, dan ringkasan dengan menggunakan ejaan dan pilihan kata yang
tepat; menulis berbagai karya
sastra
untuk anak berbentuk cerita,
puisi, parafrase, dan pantun
|
Disajikan petunjuk cara membuat sesuatu yang diacak, siswa dapat
mengurutkan sehingga menjadi sebuah petunjuk yang runtut.
|
• Disajikan empat kalimat yang disusun secara acak, siswa dapat
mengurutkan sehingga menjadi paragraf yang padu.
• Disajikan dua kalimat tunggal, siswa dapat menggabungkan dengan
kata hubung yang tepat.
• Disajikan kalimat rumpang, siswa dapat melengkapi dengan kata
hubung yang tepat penulisan.
|
||
Disajikan surat undangan suatu kegiatan yang belum lengkap, siswa
dapat melengkapi dengan kalimat efektif yang tepat.
|
||
Siswa dapat menentukan tanda baca pada kalimat surat yang disajikan.
|
||
Disajikan cuplikan pengumuman yang belum lengkap, siswa dapat
melengkapi dengan pilihan kata yang tepat.
|
||
Disajikan dialog antara dua atau tiga orang yang belum lengkap, siswa
dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat.
|
||
Disajikan formulir dan ilustasi, siswa dapat melengkapi formulir sesuai
dengan ilustrasi yang disajikan.
|
||
Disajikan teks pidato yang belum lengkap, siswa dapat:
• melengkapi dengan kalimat aj akan yang tepat
• memperbaiki kalimat yang ejaannya salah.
|
||
Disajikan surat resmi yang di dalamnya terdapat kata yang tidak tepat, siswa
dapat memperbaikinya dengan kata yang sesuai orang yang dituju.
|
||
Disajikan cuplikan laporan, siswa dapat membetulkan ejaan yang salah.
|
||
Disajikan laporan yang dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya dengan
kalimat yang tepat.
|
||
Disajikan sebuah pantun yang belum lengkap, siswa dapat melengkapi dengan
kalimat yang tepat.
|
||
Disajikan gambar kegiatan, siswa dapat menyusun sebuah paragraf yang
sesuai dengan maksud gambar.
|
||
Disajikan paragraf rumpang, siswa dapat melengkapi dengan kalimat
yang tepat.
|
2. MATEMATIKA
SD/MI
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Memahami konsep dan operasi hitung bilangan bulat serta dapat
menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung campuran bilangan cacah
|
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi
hitung campuran bilangan cacah
|
||
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung campuran bilangan bulat
|
||
Memahami konsep dan operasi hitung bilangan pecahan serta dapat menggunakannya
dalam kehidupan sehari-hari.
|
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan
penjumlahan dan pengurangan pecahan
|
|
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung perkalian dan pembagian berbagai
bentuk pecahan
|
||
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita sederhana yang berkaitan dengan
skala atau perbandingan
|
||
Siswa dapat menentukan urutan berbagai bentuk pecahan dari besar ke
kecil atau sebaliknya
|
||
Memahami dan menggunakan faktor dan kelipatan dalam pemecahan masalah
|
Siswa dapat menentukan KPK atau FPB dari dua bilangan dalam bentuk
faktorisasinya
|
|
Siswa dapat menentukan FPB atau KPK dari tiga buah bilangan dua-angka
|
||
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan KPK
|
||
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan FPB
|
||
Memahami konsep dan operasi hitung bilangan berpangkat dan penarikan akar
pangkat 2 atau 3
|
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung penjumlahan atau
pengurangan bilangan pangkat dua
|
|
Siswa dapat menentukan hasil penarikan akar pangkat tiga dari suatu
bilangan pangkat tiga
|
||
Siswa dapat penyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penarikan akar
pangkat tiga
|
||
2.
|
Memahami konsep ukuran waktu, panj ang, berat, panj ang, luas, debit,
volume, dan konsep jarak dan kecepatan serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.
|
Siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan satuan waktu
atau satuan panjang yang disaji kan dalam soal cerita sederhana.
|
Siswa dapat menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan satuan
debit atau satuan volume.
|
||
Siswa dapat menentukan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan
satuan berat atau satuan luas.
|
||
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita sederhana yang berkaitan dengan
jarak, kecepatan, dan waktu.
|
||
3.
|
Memahami konsep, sifat dan unsur-unsur bangun datar, serta hubungan
antar bangun, dan dapat menggunakannya dalam pemecahan masalah
|
Siswa dapat menentukan bentuk bangun datar dari beberapa sifat-sifat bangun
yang disajikan atau sebaliknya.
|
Siswa dapat menentukan hasil pencerminan dari gambar suatu bangun
datar yang disajikan.
|
||
Siswa dapat menentukan unsur-unsur yang ada pada bangun ruang yang
disajikan (titik sudut, sisi, atau rusuk).
|
||
Siswa dapat menentukan satu pasang bangun yang sama dan sebangun dari
beberapa gambar yang disajikan.
|
||
Siswa dapat menentukan jaring-jaring suatu bangun ruang.
|
||
|
Memahami konsep luas bangun datar sederhana dan menggunakannya dalam
pemecahan masalah
|
Disajikan gambar bangun datar dengan ukuran yang ditentukan siswa
dapat menghitung luasnya.
|
Siswa dapat menentukan luas gabungan atau irisan dari dua bangun
datar sederhana.
|
||
|
Siswa dapat menentukan luas bagian lingkaran (misal setengah
lingkaran).
|
|
|
Memahami konsep volume bangun ruang sederhana dan menggunakannya dalam
pemecahan masalah
|
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan volume
kubus atau balok.
|
Siswa dapat menentukan volume prisma segitiga dari suatu gambar yang
ukurannya diketahui.
|
||
Siswa dapat menentukan volume tabung dari suatu gambar tabung yang
ukurannya diketahui.
|
||
4.
|
Memahami konsep koordinat untuk menentukan letak benda dan
menggunakannya dalam pemecahan masalah
|
Diberikan beberapa titik pada bidang koordinat, siswa dapat
menentukan koordinat salah satu titik.
|
5.
|
Mamahami konsep pengumpulan dan penyajian data serta menerapkannya
dalam pemecahan masalah
|
Siswa dapat menentukan banyak data dari suatu gambar diagram batang
yang disajikan (terbanyak, terendah selisih).
|
Siswa dapat menentukan banyak data pada diagram lingkaran yang
disajikan (data dari persentase atau besar sudut tertentu).
|
||
Siswa dapat menentukan diagram batang dari data yang disaji kan dalam
bentuk tabel.
|
||
Siswa dapat menentukan salah satu unsur dari data yang disaji kan dalam
bentuk diagram batang atau lingkaran.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan data
|
Siswa dapat menentukan nilai rata-rata dari sekumpulan data (rentang
banyak data 6 – 10 data).
|
|
Siswa dapat menentukan nilai rata-rata dari data berbentuk tabel (banyak
data kurang dari 20 data).
|
||
Siswa dapat menghitung nilai rata-rata dari sajian data berbentuk diagram
batang.
|
||
Siswa dapat menentukan nilai median dari sekumpulan data tunggal yang
disaji kan.
|
||
Siswa dapat menentukan nilai modus dari data yang disajikan dalam
bentuk soal cerita.
|
||
Siswa dapat menentukan selisih nilai tertinggi dan terendah dari data yang disajikan.
|
3. ILMU
PENGETAHUAN ALAM SD/MI
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Memahami ciri-ciri dan penggolongan hewan dan tumbuhan, manfaat
tumbuhan dan hewan bagi manusia, serta upaya pelestariannya.
|
Siswa dapat menjelaskan fungsi dari ciri khusus pada hewan/tumbuhan tertentu
|
Disajikan contoh beberapa tumbuhan/hewan dalam satu kelompok, siswa
dapat menentukan dasar pengelompokan dari tumbuhan/hewan tersebut
|
||
Siswa dapat menjelaskan manfaat hewan/tumbuhan bagi kehidupan
manusia/lingkungan
|
||
Siswa dapat menjelaskan tujuan pelestarian hewan/tumbuhan
|
||
2.
|
Memahami perkembangbiakan hewan dan tumbuhan serta daur hidup hewan
|
Disajikan gambar hewan/tumbuhan, siswa dapat menentukan cara
perkembangbiakannya
|
Siswa dapat mengidentifikasi daur hidup hewan
|
||
3.
|
Memahami saling ketergantungan antarmakhluk hidup
|
Siswa dapat menjelaskan contoh hubungan antar makhluk hidup (salah
satu jenis simbiosis)
|
Siswa dapat menentukan rantai makanan/peran makhluk hidup dalam
komunitas/ekosistem tertentu
|
||
Siswa dapat menentukan peran/manfaat tumbuhan bagi makhluk hidup di
sekitarnya.
|
||
4.
|
Memahami penyesuaian diri pada makhluk hidup serta peranan manusia dalam
keseimbangan
|
Siswa dapat menjelaskan pengaruh kegiatan manusia terhadap
keseimbangan lingkungan
|
Siswa dapat menjelaskan tujuan adaptasi pada hewan/tumbuhan tertentu
|
||
5.
|
Memahami bagian lingkungan tubuh manusia, tumbuhan, dan hewan,
menjelaskan fungsinya, serta mampu mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar
tumbuh sehat.
|
Siswa dapat menjelaskan fungsi jar ingan pada tumbuhan.
|
Disajikan gambar alat indera, siswa dapat menentukan fungsi bagian
yang ditunjuk
|
||
Siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi pada salah satu bagian
alat pernafasan.
|
||
Disaj ikan gambar alat pencernaan manusia, siswa dapat menjelaskan proses
yang dilakukan enzim/zat pencernaan yang dihasilkan oleh bagian yang ditunjuk
|
||
Siswa dapat menentukan aliran darah pada salah satu sistem peredaran darah
manusia berdasarkan gambar
|
||
Siswa dapat menentukan bagian kerangka manusia berdasarkan gambar
|
||
Siswa dapat menjelaskan fungsi zat makanan tertentu bagi kesehatan tubuh
manusia
|
||
Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri perkembangan fisik pada
manusia
|
||
Siswa dapat menjelaskan cara pecegahan salah satu jenis penyakit pada
manusia
|
||
6.
|
Memahami sifat penyusun benda, perubahan bentuk benda dan kegunaan, serta
pengaruh suhu terhadap benda dalam kehidupan sehari-hari
|
Disajikan ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat menentukan jenis
perubahan wujud zat yang terjadi
|
Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat bahan untuk keperluan tertentu
atau dapat menyebutkan bahan dasar benda tertentu.
|
||
Disajikan ilustrasi tentang suatu kegiatan, siswa dapat menjelaskan pengaruh
suhu terhadap benda pada kegiatan tersebut
|
||
Siswa dapat menjelaskan perpindahan kalor yang terjadi pada suatu
kegiatan/peristiwa
|
||
7.
|
Memahami hubungan antara gaya, gerak, energi dan perubahannya, serta manfaatnya
dalam kehidupan sehari- hari.
|
Disajikan gambar kegiatan tertentu, siswa dapat menentukan jenis gaya
yang dimanfaatkan
|
|
Disajikan pernyataan/gambar, siswa dapat mengidentifikasi gaya dapat
mengubah gerak/bentuk/arah suatu benda
|
|
Disajikan gambar/ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat menentukan j
enis pesawat sederhana yang sesuai digunakan.
|
||
Disajikan gambar alat musik, siswa dapat menunjukkan sumber bunyi
dari alat tersebut
|
||
Disajikan gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan sifat cahaya dari
gambar/pernyataan tersebut
|
||
Disajikan gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan perubahan energi
yang terjadi
|
||
Siswa dapat menyebutkan contoh energi alternatif dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
Disajikan gambar rangkaian listrik, siswa dapat menentukan lampu yang
menyala/padam jika salah satu saklar diputus/disambung
|
||
8.
|
Mendeskripsikan berbagai jenis sumber daya alam, perubahan yang terjadi
dalam pengunaannya, serta dampaknya bagi kehidupan.
|
Siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis tanah
|
Disajikan gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan manfaat salah
satu je nis sumber daya alam
|
||
Siswa dapat menyebutkan salah satu kegiatan manusia yang dapat
mengubah permukaan bumi (pertanian, perkotaan, dsb)
|
||
Siswa dapat mengelompokkan j enis sumber daya alam yang dapat
diperbaharui/tidak dapat diperbaharui.
|
||
9.
|
Memahami system tata surya bagi kehidupan.
|
Menentukan nama planet/ciri-ciri planet dalam tata surya
|
Siswa dapat menjelaskan akibat gerakan bumi/bulan terhadap kehidupan di
bumi
|
||
|
Siswa dapat mengidentifikasi gambar terj adinya gerhana
matahari/bulan atau menjelaskan terjadinya gerhana matahari/bulan.
|
|
|
Siswa dapat menjelaskan dasar perhitungan tahun masehi/tahun hijriah.
|
No comments:
Post a Comment